Wajib Tahu! 10 Tips Berpakaian Saat Interview Kerja

DISNAKERJA.COM - Tidak dapat dipungkiri, bahwa penampilan merupakan nilai tambah dalam proses interview. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan pada saat interview kerja. Check this out ya.

1. Hindari Memakai Kaos

Alangkah baiknya jika kamu menggunakan busana berupa kemeja, usahakan memakai kemeja putih atau biru langit meskipun tampak sederhana, tapi itu akan lebih baik & lebih terlihat formal, usahakan untuk jangan memakai kemeja bergaris (khususnya yang bercorak) karena akan terlihat kurang formal.

2. Jangan Memakai Pakaian Yang Berwarna Terlalu Mencolok

Seperti yang dijelaskan sebelumnya memakai pakaian yang berwana terlalu mencolok akan terlihat lebih aneh saat memasuki interview kerja, misalnya menggunakan warna merah tua dicampuri dengan warna putih, akan terlihat aneh bukan? Gunakanlah warna yang kalem, karena itu akan terlihat lebih professional. Adapun beberapa warna yang perlu dihindari saat memakai kemeja ketika internview adalah, merah, kuning, hitam, hijau & pink.

3. Jangan Memakai Celana Jeans

Hindari memakai clena jeans ketika memasuki tahap wawancara kerja, kenapa? karena kamu bukan datang untuk bermain band. Memakai pakaian berjenis jeans akan, kamu akan terlihat memberikan kesan bahwa kamu tidak serius dan menganggap sesi interview ini hanya main-main saja. Bahkan untuk perusahaan di sektor industri kreatif yang santai saja, kamu harus tetap menghindari kedua jenis pakaian itu. Kamu harus tetap terlihat rapi dan profesional dengan pakaian yang juga formal. Gunakanlah celana berjenis kain dengan warna hitam ataupun abu-abu. Untuk perempuan bisa juga menggunakan rok, tapi usahakan untuk tidak memakai rok mini ya (hindari kesan seksi).

4. Hindari Pemakaian Aksesories Yang Berlebihan

Yap, jangan menggunakan aksesories yang berlebihan saat mendatangi interview kerja, gunakan aksesories secukupnya. Misalnya untuk laki-laki cukup memakai jam tangan saja, usahakan jangan memakai kalung, kacamata hitam ataupun cincin dengan batu akik. Untuk perempuan memakai gelang sewajarnya & usahakan untuk tidak memakai gelang kaki gunakan juga make up dan farfum secukupnya.

5. Gunakan Sepatu Pantofel

Untuk pria, usahakan hindari memakai sepatu berjenis anak band, ataupun sepatu bot, karena itu akan terlihat sangat tidak professional & tidak cocok dipakai untuk kegiatan formal.

6. Sisir Rambut Sebaik Mungkin

Sebelum pergi untuk wawancara kerja rapikan rambut terlebih dahulu, sisir rambut sebaik mungkin (tapi jangan kaya anak punk/anak band). Rambut jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek. Untuk wanita jika memiliki rambut panjang rapikan rambut sebagus mungkin, ikat rambut pangnganmu dengan gelung. Jika berjilbab jangan menggunakan manik yang terlalu berlebihan, gunakan jilbab yang sederhana namun harus tetap terlihat professional.

7. Kuku Bersih, Rapi dan Tidak Panjang

Bersihkan kuku sebelum memasuki tahap wawancara kerja dan jangan menggunakan cat kuku, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu jika kamu menggunakan cat kuku/kotik dan juga potong kuku jangan sampai terlihat panjang.

8. Mengenakan Ikat Pinggang

Gunakanlah ikat pinggang ketika wawancara kerja, karena ini akan menambah kesan kamu terlihat lebih professional, gunakanlah ikat pinggang yang berjenis kulit/berwana hitam. Jangan menggunakan ikat pinggang yang berbentuk terlihat gaul. Pakailah ikat pinggang yang sederhana itu akan terlihat lebih professional.

9. Mengenakan Kaos Kaki/Stoking (Untuk Wanita)

Usahakan menutup semua kulit dengan kaos kaki, untuk pria hindari, jangan sampai terlihat bulu lengan kaki, gunakanlah kaos kaki yang elegan misalnya berwarna hitam atau abu-abu.

10. Pilihlah Pakaian Yang Sesuai Dengan Posisi Yang Dilamar

Yang terakhir adalah memilih pakaian sesuai dengan posisi dan jenis perusahaan yang dilamar, misalnya ketika melamar di perusahaan berjenis, BUMN, seperti bank, taspen dan sebagainya gunakanlan pakaian yang formal & akan lebih baik lagi jika menggunakan blezer.

Related Posts