Baru Keterima di Kantor Baru? Lakukan Ini Agar Mudah Beradaptasi

DISNAKERJA.COM - Ngomongin tempat kerja baru, ada banyak sekali yang perlu kita bahas. Salah satunya adalah bagaimana cara kita agar mudah beradaptasi ditempat baru tersebut. Memasuki tempat kerja baru berarti Anda harus siap dengan segala perubahan budaya, iklim, lingkungan pertemanan, bos baru, tanggung jawab hingga gaji baru.

Adaptasi dilingkungan kerja adalah salah satu hal yang perlu kamu lakukan ketika kamu menjadi karyawan baru disebuah perusahaan. Sangat penting untuk seseorang dapat beradaptasi dengan baik untuk membangun karir di lingkungan kantor baru.

Dihari pertama kadang membuat gerogi, cemas, karena memang belum mengenal suasana didalam kantor. Berikut beberapa tips agar kamu mudah beradaptasi dilingkungan baru yang bisa kamu lakukan.

1. Fokuskan diri kamu pada saat perkenalan

Sebagai karyawan baru, tentunya kamu akan diajak oleh atasan untuk berkenalan seputar internal perusahaan di minggu-minggu pertama, mulai dari struktur organisasi, cakupan bisnis, visi dan misi dan lain-lain.

Nah kamu bisa manfaatkan hal ini sebaik mungkin, perhatikan dan tanya apabila ada hal-hal yang sekiranya kurang jelas bagi kamu, sehingga di saat mulai bekerja, tidak ada lagi hal yang mengganjal.

2. Jangan malu untuk membuka pembicaraan

Jika kamu malu untuk memulai pembicaraan, jangan harap kamu bisa mendapatkan teman atau perhatian dari banyak orang. Cobalah untuk menyapa lebih dulu, basa-basi ringan dengan rekan kerja, hal ini bisa membuatmu menjadi akrab dengan karyawan lainnya.

Namun, jangan sampai berlebihan ya, jangan sampai menganggu pekerjaan mereka.

3. Caritahu informasi seputar perusahaan sedetail mungkin

Biasanya sebelum kamu melamar kerja, kamu akan mencaritahu informasi singkat mengenai perusahaan yang ingin kamu lamar, seperti bergerak dibidang apa, alamatnya dimana, berapa lama berdiri nya dan lain sebagainya.

Nah sebagai karyawan baru, kamu wajib mengetahui sedetail mungkin tentang perusahaan dimana tempat kamu bekerja. Gunanya agar kamu bisa memahami kultur kerja ditempat baru tersebut, jika kamu memiliki kenalan dengan senior diperusahaan tersebut. Kamu bisa menanyakan hal-hal tersebut, mulai dari nama-nama pimpinan, manajer dan lain sebagainya. Buat diri kamu familiar dengan nilai-nilai yang dianut perusahaan dan bahasa perusahaan dalam bekerja.

4. Jadilah pribadi yang kreatif dan inisiatif

Menjadi pribadi yang kreatif dan inisiatif ini tentunya sangat penting banget, mengingat apalagi kamu adalah seorang karyawan baru diperusahaan tersebut, hal ini juga berlaku untuk kamu yang sudah lama bekerja.

Jika kamu bisa menjadi karyawan yang kreatif dan inisiatif. Dijamin, rekan-rekan kerja kamu bahkan atasan kamu sekalipun akan menyukai kamu.

5. Hindari komplain

Selama bekerja tentunya ada saja hal yang membuat kita tidak nyaman, sehingga kamu mungkin membanding-bandingkan hal tersebut dengan perusahaan dimana kamu bekerja sebelumnya. Mulai dari bos baru yang galak, rekan kerja yang tidak bisa diajak kerja sama dan lain sebagainya.

Sebagai karyawan baru, kamu belum punya ruang untuk melakukan komplain, sebaiknya kamu pikirkan hal-hal apa saja yang dimana kamu merasa dikantor baru tersebut lebih baik dari kantor sebelumnya. Hal tersebut tentu akan membuatmu jauh lebih bersemangat dalam bekerja.

Nah itulah beberapa tips untuk kamu yang baru keterima kerja ditempat baru. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk berikan pendapatmu dibawah dan baca juga artikel terbaru dari disnakerja.com yang lainnya.

Related Posts