7 Tips Agar Tetap Produktif Saat Kerja Dari Rumah (WFH)

DISNAKERJA.COM - Seiring perkembangan wabah Covid-19 di Indonesia, pemerintah menghimbau agar pekerja mulai bekerja dari rumah. Bagi sebagian orang bekerja di rumah merupakan pilihan. Ada banyak alasan yang melatarbelakanginya, salah satunya adalah waktu yang lebih fleksibel daripada bekerja di kantor.

Namun, terkadang bekerja dari rumah bisa membuat frustasi dan membosankan. Nah, berikut 7 tips buat kamu yang sedang Work From Home.

1. Bangun Lebih Pagi

Tips yang pertama adalah, bagun lebih awal dari biasanya, jika pada umumnya kebanyakan orang bangun pada pukul 05.00 atau 06.00, maka bagunlah minimal 30 menit lebih awal. Kenapa?

Pertama: Kamu akan punya lebih banyak waktu untuk membuat rencana. Orang -orang yang bangun lebih pagi punya kesempatan untuk mengatur hari mereka sebelum berangkat kerja. Semakin awal kamu mengatur rencanamu pada hari itu, semakin efektif dan produktif kamu dalam mengerjakan banyak hal. Jangan membuat rencana untuk hari esok pada malam hari dimana kamu sudah lelah dan butuh beristirahat setelah bekerja.

Kedua: Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengubah diri menjadi lebih baik. Banyak orang yang mengeluh bahwa mereka tidak punya cukup waktu untuk keluarga, bersantai atau berolahraga. Jika kamu sudah bangun sebelum jam 6, kamu akan punya waktu untuk berolahraga. Tubuh yang segar karena berolahraga akan penuh dengan endorphin, hormon yang membuat perasaan lebih bahagia. Kamu akan penuh energi dan ceria sepanjang hari.

Ketiga: Terhindar dari depresi. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatric Research menemukan salah satu cara untuk melawan depresi. Hasil dari penelitian tersebut menjelaskan bahwa orang yang rajin bangun pagi memiliki risiko penyakit mental yang lebih rendah terutama pada wanita.

2. Buat List Pekerjaan

Tips berikutnya adalah buat list pekerjaan harian. Ya, membuat tugas yang ingin dikerjakan pada hari ini kedalam note books. Gunanya agar kamu bisa bekerja lebih produktif dan lebih terarah.

3. Kerjakan Pekerjaan Yang Sulit Terlebih Dahulu

Selanjutnya adalah mengerjakan pekerjaan sulit di awal hari. Namun sebelum itu kita perlu mengidentifikasi dan memisahkan mana saja pekerjaan yang sulit dan mana saja pekerjaan yang lebih mudah.

Setelah itu kita kerjakan lebih dulu pekerjaan yang sulit dan berat di awal atau pagi hari. Alasannya adalah ketika pagi mood kita masih bagus dan energi yang kita miliki masih penuh. Sehingga ketika siang hari tiba, dan energi sudah berkurang maka kita bisa menyelesaikan bagian pekerjaan yang lebih mudah.

Selain itu, kita juga bisa mengurutkan pekerjaan berdasarkan prioritas.

Misalnya:

  1. Mendahulukan pekerjaan yang deadline nya lebih cepat.
  2. Mendahulukan pekerjaan yang penting tapi tidak mendesak.
  3. Dll


4. Mengelola Gangguan

Tips ke empat adalah mengindari sesuatu yang bisa mengalihkan perhatian dari yang seharusnya kita berikan peerhatian penuh. Bekerja di rumah bisa saja terjadi distraksi. Contohnya ketika kamu fokus mengerjakan sesuatu, tiba-tiba anak/adik/saudara kamu datang mengajak bermain. Atau ketika kamu sedang fokus bekerja ada teman yang menelpon atau mengajak chatting.

Dengan demikian, hari kerja kamu di rumah bisa sama dengan hari kerja di kantor. Misalnya, jangan terlibat dalam aktivitas lain saat kamu seharusnya bekerja.

5. Membuat Ruang Kerja

Jika kamu merasa bosan dengan suasana rumah, tidak ada salahnya kamu sedikit melakukan dekorasi ulang.

Seperti mengubah posisi meja atau kursi ruangan yang biasa kamu gunakan untuk melakukan Work From Home atau ruangan keluarga. Selain memberikan suasana yang baru, kegiatan ini bisa membuat kamu beraktivitas secara fisik.

6. Istirahat & Olahraga Teratur

Tips berikutnya adalah pastikan kamu memiliki waktu istirahat dan olaharaga yang teratur. Layaknya kamu bekerja di kantor, ketika kamu bekerja dari rumah (read: work from home) kamu juga harus memiliki waktu istirahat yang tepat.

Maka dari itu sebanyak dan seberat apapun pekerjaan yang kamu lakukan, istirahat yang cukup dan olahraga teratur jangan sampai terlewatkan.

7. Membuat Evaluasi Hasil Pekerjaan

Tips yang terakhir adalah membuat evaluasi mengenai hasil pekerjaan hari ini. Ini sangat penting supaya kamu bisa menilai apakah targetnya tercapai atau tidak. Kemudian apa saja kendala dan pendukung dalam pekerjaan kamu.

Nah itulah 7 Tips Agar Work From Home jadi lebih produktif, semoga tips diatas bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel dari disnakerja.com yang lainnya.

Related Posts