5 Kiat Sukses Agar Tidak Jadi Pengangguran Setelah Lulus Kuliah!

DISNAKERJA.COM - Selesai wisuda tentu kamu berharap agar mendapat pekerjaan yang baik dan layak. Namu kenyataannya, ada banyak diluar sana yang kesulitan mendapatkan pekerjaan, walau dengan gelar sarjana sekalipun.

Hal ini bisa dikarenakan kurangnya perencanaan yang mata ketika masih semester akhir, sehingga berdampak setelah mereka lulus. Setelah lulus kuliah mereka bingung mau kemana, bagaimana dan apa yang harus dilakukan.

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar terbebas dari status pengangguran setelah sarjana berikut ini.

1. Bangun Jaringan dari Semasa Kuliah

Tidak bisa dipungkiri, bahwa networking sangatlah penting dan hal tersebut bisa mengantarkan kamu pada pekerjaan yang kamu inginkan. Makanya selagi aktif dibangku kuliah, bagun hubungan yang baik dan seluas mungkin.

Mulai dari hubungan dengan dosen, teman serta relasi ditempat kamu magang. Kalau kamu memiliki relasi yang baik, hal tersebut bisa memudahkan kamu dalam mencari kerja kelak.

2. Aktif Mengikuti Organisasi

Kebanyakan perusahaan mencari karyawan yang terasah dalam kemampuan memimpin, komunikasi dan kemampuan kerjasamanya. Nah percayalah hal tersebut bisa kamu dapatkan dalam kegiatan organisasi dikampus.

Jangan seperti "kupu-kupu" (kuliah pulang-kuliah pulang), jika kamu terlibat dalam kegiatan organisasi, tentunya kamu akan terlatih dalam memecahkan suatu masalah.

3. Aktif Mengikuti Progam Magang

Pengalaman kerja merupakan nilai yang sangat penting, lalu bagaimana jika kamu belum lulus kuliah? Apakah bisa mendapatkan pengalaman kerja? Jawabannya tentu tidak! Namun, kamu bisa mendapatkan pengalaman internship (magang) dengan mengikuti program-program internship diperusahaan.

Sebut saja semisal ikut progam FHCI BUMN atau program magang lainnya, biasanya kamu akan mendapat sertifikat setelahnya. Nah hal tersebut akan menjadi nilai tambah ketika kamu melamar kerja nantinya.

Selain itu, jika performa kamu bagus, bukan tak mungkin perusahaan tempat kamu magang bersedia merekrutmu sebagai karyawan tetapnya.

4. Memubuat Portofolio Sebanyak Mungkin

Jika kamu ingin mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah, hal yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah membuat portofolio sebanyak mungkin dimasa kuliah. Portofolio adalah kumpulan karya yang telah kamu buat.

Semisal, kamu memiliki minat dibidang desain grafis, kamu bisa membuat portofolio hasil desain yang telah kamu buat. Atau kamu memiliki minat dibidang IT, kamu bisa membuat portofolio mengenai website, aplikasi, sistem informasi yang telah kamu ciptakan.

Nah, tugas kamu adalah sekarang. Pikirkan minat kamu dibidang apa? Dan buatlah portofolio dari minat kamu tersebut.

5. Ikut Kursus

Sambil menunggu skripsi rampung, kamu bisa mengikuti kursus-kursus gratis sesuai bakat dan minat kamu. Selain bisa mengurangi stres dengan skripsi, hal ini juga bermanfaat untuk dunia kerja kamu kedepannya.

Nah itulah tips yang bisa kamu lakukan agar tidak menjadi pengangguran setelah lulus kuliah. Kamu bisa mencoba salah satunya atau juga semuanya. Jika kamu merasakan manfaat dari artikel ini, jangan lupa share ke teman-teman kamu agar mereka juga merasakan manfaat bersama.

Related Posts