5 Kelebihan Introvert di Tempat Kerja! Apa aja sih?

DISNAKERJA.COM - Istilah kepribadian introvert, pertama kali diperkenalkan oleh psikolog Carl Jung pada tahun 1960an.

Dilansir dari kompas.com Introvert adalah tipe kepribadian yang orang-orangnya memiliki ciri lebih fokus terhadap perasaan internal di dalam dirinya sendiri, dibandingkan dengan stimulasi eksternal dari lingkungan di sekitarnya. Orang-orang yang introvert, cenderung lebih pendiam, tenang, dan lebih luwes dalam menilai dirinya sendiri (introspektif). Namun perlu diingat, kepribadian introvert tidak sama dengan pemalu atau memiliki gangguan kecemasan sosial.
Seorang introvert umumnya dapat melindungi dirinya sendiri dengan baik. Selain itu, mereka juga lebih senang merencanakan dan merenungkan sesuatu. Adapun berbagai kelebihan introvert ketika ditempat kerja yaitu:

1. Refleksi

Orang introvert cenderung berpikir sebelum berbicara, sehingga mereka menggunakan pikiran sebagai super power mereka.

Pemikiran mereka yang tajam dan dalam amat membantu mereka dalam banyak hal. Tidak heran seorang introvert dapat mengambil keputusan dengan cepat dan tepat.

2. Mendengarkan

Seseorang yang banyak berbicara, tidak berarti juga bijaksana dalam hal mendengarkan. Secara alami, seorang introvert cenderung mahir dalam mendengarkan. Ia dapat menjadi seorang pendengar yang baik, bahkan rata-rata orang memercayai hal tersebut. Tak heran, jika introvert kerap dijadikan tempat berbagi pikiran dan keluh kesah karena akan mendengarkannya dengan saksama.

3. Memiliki Kreativitas yang tinggi

Seorang introvert adalah orang yang sibuk dengan dunia dalam pikiran mereka sendiri, mereka juga orang yang senang bermain dengan imajinasi mereka sendiri. Maka dari itu seorang introvert biasanya memiliki kreativitas yang tinggi.

4. Fokus

Tempat kerja adalah tempat dari banyaknya masalah-masalah yang tidak ditangani, tetapi ini jadi peluang introvert, yang menggunakan konsentrasi intens mereka untuk menyelidiki, menganalisis, dan sampai ke dasar masalah bisnis yang kompleks.

5. Tidak Tergesa-Gesa dalam bertindak

Orang yang introvert umumnya tak perlu gembar-gembor untuk bertindak. Secara diam-diam ia dapat menghasilkan suatu karya atau prestasi. Dengan sifat yang tenang, maka perlahan tujuan yang ingin dicapainya pun bisa dicapai. Seperti apa yang dikatakan Mahatma Gandhi bahwa, “Dengan cara yang lembut, Anda dapat mengguncang dunia.” Hal ini membuat sifat introvert tak boleh diremehkan.

Nah itulah 5 kelebihan kepribadian introvert ketika ditempat kerja? Apakah kamu memiliki salah salah satu dari sifat diatas? Yuk coba sharing dikolom komentar!

Related Posts