Kenapa sih, HRD Membatasi Ukuran File Pada Berkas Lamaran?

DISNAKERJA.COM - Hal yang menjadi masalah ketika mengirim berkas lamaran secara online, entah itu melalui email atau melalui website rekrutmen perusahaan adalah, ukuran CV kita yang terlalu besar. Benar atau betul?

Maximum attachment (1 MB), inilah kalimat akhir yang umum kita temukan pada iklan lowongan kerja. Sebelum kamu mengetahui cara mengecilkan ukuran file pada berkas lamaran yang kamu punya, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu.

Kenapa sih, HRD membatasi ukuran pada berkas lamaran?

Ya, pertanyaan itu sering dipertanyakan oleh jobseeker.  FYI: Ada beberapa penyebab kenapa file lamaran kamu tidak boleh berukuran besar diantaranya adalah sebagai berikut:

1. HRD tidak punya banyak waktu dalam medownload file lamaran kerja kamu.

Benar saja, ketika ada 100 orang yang mengirim berkas lamaran ke email si-rekruter dan masing-masing email lamaran berukuran 5 Mb, 100x5 = 500 Mb totalnya. Bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh satu-persatu berkas tersebut? Jadi ketika ukuran file kamu terlalu besar, kemungkinan lain email kamu akan diskip atau di trash :(.

Gak kebayang dongs, padahal kita udah capek-capek nge-scan berkas, dan lebih parahnya lagi kita merasa sesuai kualifikasi dengan posisi yang dilamar entah itu latar belakang pendidikan, keahlian maupun pengalaman, tapi gara-gara berkas email yang dikirim terlalu besar, CV kita jadi gak dibaca sama HR.

2. Email dibatasi

Apakah kamu pernah mengirim lamaran melalui email, namun seketika kamu mendapat balasan yang berisi pesan pada intinya "Email kamu ditolak, dengan alasan ukuran berkas yang kamu lampirkan terlalu besar"?.

Kadang sebagian perusahaan memiliki batas/limit di database website mereka, sehingga HR harus membatasi ukuran setiap email yang masuk, anggap saja perusahaan membatasi misalkan maksimal attachment 2 Mb, jika kamu mengirim berkas lamaran melebihi batas tersebut, maka email kamu tidak akan masuk alias ditolak. Sayang kan, kalo udah begini?

3. Agar email tidak penuh

Sama halnya pada point 2, anggaplah ketika ada 1000 orang melamar diposisi yang sama, kemudian masing-masing melampirkan berkas lamaran ber-ukuran 1 Mb. 1x1000 = 1Gb data yang masuk ke email HRD tersebut.

Apakah kamu pernah mengirim email, kemudian email kamu ditolak karna email si penerima sudah penuh? Nah, jika iya. Itulah salah satu alasan mengapa perusahaan membatasi ukuran email yang masuk (pada point 2) hal tersebut agar database website mereka tidak penuh dan bisa menerima semua email lamaran yang masuk.

Nah itulah alasan kenapa HRD membatasi ukuran pada berkas lamaran, sebenarnya tidak hanya 3 alasan tersebut. Namun ada beberapa hal lainnya (Tergantung internal problem setiap perusahaan), namun 3 hal diatas adalah permasalahan umum yang sering terjadi.

Semoga Bermanfaat^^

Related Posts