Tips Berinteraksi Dengan Rekan Kerja yang Dominan


DISNAKERJA.COM - Dalam dunia kerja, akan kita temukan beragam karakter manusia salah satunya adalah Dominance (Dominan). Orang-orang dengan tipe karakter Dominan biasanya suka mengendalikan lingkungan dan orang - orang di sekitar mereka. Terdapat sisi positif dan negatif dari setiap karakter manusia, begitu pula dengan mereka yang berkarakter Dominan. Mereka cenderung bersikap bossy dan keras kepala, namun disisi lain mereka berpotensi menjadi leader karena menyukai tantangan dan berani mengambil resiko, serta mampu dengan baik menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan. Orang-orang dengan karakter Dominan terkadang tidak sejalan dengan lawan berbicaranya. Berikut tips ketika berinteraksi dengan rekan kerja yang berkarakter Dominan supaya tetap terjalin relasi yang baik:

1. Dengarkan

Jika sedang berinteraksi dengan mereka yang berkarakter Dominan, lebih baik dengarkan terlebih dahulu apa yang ingin ia sampaikan. Jangan menyela saat ia sedang menyampaikan sesuatu, karena hal tersebut akan memancing emosi dari rekan Anda dan memeperkeruh suasana. 

2. Sampaikan pendapat Anda dengan tegas

Mereka yang berkarakter Dominan akan tetap pada pendiriannya saat tidak ada seorang pun yang menentang atau menyanggah apa yang ia suarakan. Perlu diingat, Anda tetap memiliki hak untuk tidak setuju dengan hal yang diajukannya. Sampaikan pendapat Anda dengan attitude yang baik dan tegas, serta gunakan intonasi berbicara yang tidak mengintimidasi. Berikan mereka waktu untuk berpikir, apakah mereka sudah membuat keputusan yang tepat.

3.  To the point

Apabila Anda ingin menyampaikan sebuah ide atau pendapat, sampaikan langsung ke inti dari pesan tersebut. Jangan bertele-tele, karena pada akhirnya mereka hanya menganggap bahwa apa yang akan Anda sampaikan tidak ada manfaatnya untuk mereka.

4. Jangan mudah tersinggung

Orang-orang dengan karakter Dominan, cenderung bersikap bossy, dan agresif. Sebagai rekan kerja yang sudah mengetahui bahwa mereka memiliki karakter Dominan, seharusnya mengerti dan berusaha untuk tidak mudah tersinggung dengan perkataan maupun perbuatannya.

5. Jangan mudah tersulut 

Ketika menghadapi mereka yang berkarakter Dominan, beberapa orang mudah terbawa emosi karena perkataan dan perbuatannya yang tidak sesuai dengan harapan. Namun untuk menjaga hubungan dan suasana bekerja yang nyaman, ada baiknya jagalah tingkat emosi Anda. Jangan mudah tersulut oleh perkataan maupun perbuatan mereka. Jika emosi kedua belah pihak sama-sama memuncak, tidak menutup kemungkinan akan terjadi perpecahan.

6. Minta bantuan atasan

Jika segala cara sudah dicoba untuk menghadapi mereka yang berkarakter Dominan, namun suasana bekerja menjadi tidak kondusif dan mengganggu kinerja beberapa pihak, sebaiknya Anda konsultasikan kepada atasan. Minta bantuan atasan Anda untuk menjadi mediator dalam memberikan pengertian bahwa beberapa sikap mereka tidak dapat diterima oleh rekan kerja lainnya.

Source: CLA
Written by: AJS

Related Posts