Sika-Sikap Dasar dalam Meeting

DISNAKERJA.COM - Meeting adalah istilah bahasa inggris yang berarti rapat, pertemuan atau persidangan. Meeting merupakan suatu kegiatan yang termasuk di dalam MICE. Menurut Kesrul (2004:8), Meeting Suatu pertemuan atau persidangan yang diselenggarakan oleh kelompok orang yang tergabung dalam asosiasi, perkumpulan atau perserikatan dengan tujuan mengembangkan profesionalisme, peningkatan sumber daya manusia, menggalang kerja sama anggota dan pengurus, menyebarluaskan informasi terbaru, publikasi, hubungan kemasyarakatan. Berikut sikapi-sikap dasar yang dimaksud:


1. Mulai dan Akhiri Pertemuan dengan Senyum.

Ketika berbicara, tidak salah juga untuk sesekali melemparkan senyum. Ingat, senyum adalah bahasa  universal untuk menebarkan aura positif.

2. Duduk Tegak dan Santai.

Jurusnya dengan cara: Duduk tegak dan usahakan punggung anda tetap menempel di sandaran bangku.

3. Gerak-Gerik yang tenang, termasuk kepala, tangan, dan kaki.

Jangan digoyang-goyangkan. Usahakan tangan Anda di atas meja atau di sandaran tangan bangku. Jangan memencet-mencet tombol bolpoin. Karena ini menunjukkan adanya rasa gugup/grogi dalam diri anda.

4. Berbicara dengan tegas dan jelas serta dgn karakter suara yang dalam.

5. Pandang lawan bicara anda saat anda atau mereka berbicara.

Jika lawan bicara Anda lebih dari 1 orang, jangan fokus ke orang itu saja saat Anda berbicara, coba untuk memandang wajah lawan bicara lainnya secara bergantian.

6. Keluarkan note dan bulpen anda, dan catat poin-poin penting dalam meeting.

Ketika pertemuan dimaksud adalah pertemuan terkait bisnis/kerjasama, maka anda sebaiknya menyampaikan notula meeting tersebut di akhir meeting.

7. Buat HP anda dalam kondisi silent

Hhindari penggunaan hp, kalau bisa jangan keluarkan hp Anda ketika meeting sedang berlangsung.

8. Terakhir, hindari perdebatan, temukan keharmonisan.

Ketika meeting, usahakan untuk menghindar dari perdebatan, fokuskan pikiran Anda untuk memecahkan masalah yang dihadapi.

Demikian tips dan sikap dasar dalam meeting. Semoga bermanfaat
Wriiten by: Theodore Manurung
Modified: Instapedia.id

Related Posts