Pertanyaan Interview #1: Perkenalkan Tentang Diri Anda?

DISNAKERJA.COM - Interview adalah salah satu tahapan untuk mendapat kerja. Interview melibatkan percakapan antara pelamar/pencari kerja dengan pihak perwakilan dari organisasi atau perusahaan yang mempekerjakan untuk melihat, apakah calon pekerja merupakan kandidat yang tepat atau tidak. 

Nah sering sekali jobseeker mengalami kesulitan ketika menjawab pertanyaan interview dan selalu bertanya-tanya setelah prosesnya selesai. Benar gak ya, jawaban saya. Lolos gak ya? Hmmm...


Biasanya pihak interviewer akan melontarkan beberapa pertanyaan kepada calon kandidat, mulai dari yang terdengar mudah hingga yang membingungkan - kata sebagian jobseeker. Nah pada tips kali ini kita akan membahas pertanyaan tentang "Perkenalkan tentang diri Anda?"

Pertanyaan ini terdengar sangat mudah, kita cukup memperkenalkan diri didepan interviewer. Setelah itu selesai dan lanjut ke pertanyaan berikutnya. Ets, tapi memperkenalkan diri tidak sekedar perkenalan saja, karena setiap jawaban yang diberikan oleh kandidat itu adalah sebuah penilaian. Lalu, bagaimana cara memperkenalkan diri dengan baik didepan recruiter?

Salam Pembuka

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum memperkenalkan diri adalah, mengawalinya dengan salam pembuka. Selain memberikan kesan sopan kepada pihak interviewer, disini kamu juga menghargai pihak yang ada saat interview. Kamu bisa mengawalinya dengan "Terima kasih, bapak/ibu sudah mengundang saya untuk mengikuti proses seleksi pada hari ini". Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan data diri.

Perkenalan Data Diri

Perkenalan data diri bisa dengan menyebutkan profil singkat (Tidak perlu menyebutkan semuanya) jika kamu sudah menulisnya didalam CV. Kamu cukup perkenalkan Nama, Nama Panggilan, Usia, Domisili kamu saat ini.

Fokus Pada Kualifikasi

Selanjunya adalah fokus pada kualifikasi yang kamu lamar, mulai dari Latar belakang pendidikan, pengalaman dan kemampuan atau skill yang kamu miliki yang sekiranya berhubungan dengan posisi yang kamu lamar pada saat ini.

Nah untuk 3 tips diatas, rangkuman nya adalah sebagai berikut:

Salam pembuka, perkenalan profil diri dan selanjutnya adalah fokuskan pada kualifikasi yang kamu lamar. Hindari menceritakan sesuatu yang tidak berhubungan dengan posisi yang kamu lamar atau menceritakan latar belakang keluarga.

Contohnya, ketika kamu melamar diposisi Administrasi.

Terima kasih, bapak/ibu sudah mengundang saya untuk mengikuti proses seleksi pada hari ini, perkenalkan nama saya Puputria, bapak/ibu bisa memanggil saya puput, usia saya saat ini 24 tahun dan tinggal di Jakarta, saya lulusan S1 Akuntansi dari Universitas ABCD tahun 2019 berpengalaman selama 1 tahun sebagai Staff Admin di PT, saya memiliki kemampuan (Sebutkan kemampuan yang sekiranya berhubungan dengan posisi yang kamu lamar).

Kunci dari menjawab pertanyaan ini adalah, fokuskan jawaban kamu pada keahlian/pengalaman yang kamu miliki, yang tentunya pengalaman atau keahlian tersebut berhubungan dengan posisi yang kamu lamar pada saat ini.

Jadi, tugas kamu adalah mencari tahu jobdesk posisi yang kamu lamar, kemudian "mengorek" pengalaman dan/atau kemampuan diri yang tentunya menjadi pendukung  untuk kamu bekerja diposisi tersebut.

Silahkan kamu coret-coret dikertas, kira-kira apa pengalaman atau kemampuan yang kamu miliki untuk mengincar posisi yang saat ini sedang kamu lamar? Selamat mencoba sob :)

See you on top!

Related Posts